logo-raywhite-offcanvas

04 Jun 2021

Lebih baik membeli rumah atau kontrak saja?

Lebih baik membeli rumah atau kontrak saja?

Lebih baik membeli rumah atau kontrak saja?

Tahukan Anda, harga properti selalu naik dari tahun ke tahun? Kenaikan harga properti bisa dibilang cukup signifikan apalagi rumah dengan kualitas yang bagus. Namun, tidak semua orang memiliki kondisi finansial yang sama. Sehingga beberapa memilih untuk mengontrak rumah. Namun, alangkan baiknya Anda perlu berpikir dua kali ketika ingin mengontrak. Apalagi untuk jangka waktu yang lama.

Dibutuhkan persiapan yang matang untuk membeli rumah. perhatikan hal-hal berikut yang menandakan kalau Anda sudah siap untuk beli rumah sendiri:

  1. Punya tabungan khusus

Niat menentukan hasil. Mesti penghasilan Anda tidak terlalu besar, tapi jika bisa meyisihkan penghasilan setiap bulan sebelum dibelanjakan maka kemungkinan besar anda siap beli rumah sendiri

  1. Memperbaiki rating kredit dan hunting

Setiap orang yang memiliki cicilan akan mendapatkan rating kredit dari Otoritas jasa keuangan (OJK). Penilaian ini menunjukkan seberapa lancer anda membayar pinjaman, tagihan atau cicilan.rating ini berpengaruh unutk kelancaran proses Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).lunasi hutang-hutang yang ada dan gunakan uang dengan bijak, sebagai tanda Anda siap berhenti sewa untuk beli rumah sendiri.

  1. Punya gambaran jelas tentang rumah idaman

Rencanakan dengan jelas rumah inpian Anda. Anda ajan mulai memilih lokasi, tipe rumah, desain, tata letak hingga dekor ruangan. Semakin jelas gambaran ini di pikiran Anda, maka bisa dipastikan Anda akan segera beli rumah sendiri.

  1. Siap untuk menetap

Jika Anda sudah siap untuk menetap, entah itu di kota tempat Anda bekerja atau kembali ke kampong halaman, maka keputusan untuk membeli rumah sendiri akan lebih mudah. Dana yang terkumpul bisa dikonsentrasikan untuk membeli di satu lokasi.

 

Jika masih ingin sewa rumah…….

Jika Anda ingin mengontrak rumah, umumnya Anda harus membayar sewa tahunan maupum bulanan. Apapun pilihan Anda, sesuaikan dengan budget. Ikuti tips berikut untuk memudahkan Anda.

  1. Lokasi rumah sewaan

Carilah yang dekat dengan aktivitas harian dan kerja untuk menghemat biaya transportasi dan waktu perjalanan

  1. Cek kondisi rumah kontrakan

Anda bisa menyewa kosongan atau dengan furniture. Perisa kondisi rumah seperti cat, rayap kondisi bangunan dan lainnya sehingga Anda tidak mengeluarkan uang untuk renovasi. Dokumentasikan sebelum membuat perjanjian jika diperlukan.

  1. Furniture tambahan.

Tidak semua rumah yang mengiklankan fully furnished sesuai dengan Keinginan. Mungkin juga Anda punya beberapa furniture kesayangan yang dibawa. Perhatikan apa ada ruangan yang cukup untuk tambahan

 

Sumber : intiland.com

Share