logo-raywhite-offcanvas

07 Jun 2021

Lebih Baik Beli Rumah Atau Bangun Rumah ?

Lebih Baik Beli Rumah Atau Bangun Rumah ?

Lebih Baik Beli Rumah Atau Bangun Rumah ?

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer. punya rumah sendiri adalah solusi terbaik agar terbebas dari biaya sewa rumah yang harus dikeluarkan terus menerus. Ada dua cara yang bisa dilakukan agar keinginan punya rumah sendiri dapat terwujud. Anda  bisa membeli rumah yang sudah jadi dari pihak penjual atau developer atau membeli lahan dan membangun rumahmu sendiri secara perlahan dan menjadi hunian yang tentunya layak huni. Memiliki rumah merupakan impian bagi setiap orang. Namun, dalam mewujudkan impian punya rumah tersebut memanglah tidak mudah. Selagi membutuhkan biaya yangcukup besar, sebagian orang akan merasa bingung antara beli rumah yang sudah jadi atau bangun rumah sendiri dari nol.

Untuk membantu Anda yang sedang menimbang rencana untuk memiliki sebuah rumah, mari simak beberapa poin penting di bawah ini yang dapat kamu pertimbangkan sebelum membeli atau membangun rumah, mulai dari keuntungan membeli rumah dan membangunnya, hingga kekurangan dari masing-masing pilihan.

Keuntungan membeli Rumah

Hemat Biaya

Rumah yang diperoleh dengan cara membeli dapat membantu menekan biaya, karena tidak perlu membangun sendiri. Anda bisa langsung menempatinya dengan berbagai macam model yang umum atau bahkan custom.

Jika Anda adalah keluarga baru yang ingin lebih cepat mandiri secara finansial, maka membeli rumah jadi sangat disarankan bagi Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat berinvestasi yang Anda miliki ke hal-hal lainnya.

Praktis

Dilihat dari segi praktis, membeli rumah memang sangat praktis. Setelah Anda membayar rumah tersebut, baik tunai ataupun mencicil, Anda bisa langsung menempati rumah tersebut.

Kunci rumah biasanya akan diberikan ketika Anda sudah membayar DP kepada developer. Anda dan keluarga bisa langsung mengisi rumah tersebut tanpa perlu mengurus apa pun, jadi tinggal terima bersih. 

 

Punya tabungan untuk renovasi

Setelah bertahun-tahun ditempati, sebuah rumah pasti membutuhkan perawatan atau penggantian beberapa bagian agar tetap nyaman saat ditempati. Untuk memudahkan Anda maka pakailah tabungan tersebut agar rumah Anda bisa direnovasi atau bahkan di-upgrade menjadi lebih bagus dari sebelumnya. Kesempatan untuk bisa menabung pun terbuka lebih lebar, karena tabungan tersebut bisa Anda simpan untuk biaya renovasi rumah nantinya jika diperlukan, atau bisa digunakan untuk menambah perabotan baru.

 

Keuntungan Bangun Rumah

Berikut adalah keuntungan jika Anda lebih memilih untuk membangun rumah.

Bisa Desain Rumah Sesuai Keinginan Anda

Sebagai pemilik, Anda bisa membangun rumah dengan desain yang sesuai dengan selera. Mulai dari ukuran, desain, konsep, hingga perabotan yang ada di dalam rumah pun, semuanya tergantung pada selera. Anda juga tidak berurusan dengan developer, melainkan arsitek, tukang, dan desain interior untuk menjadikan rumah bagus.

Saat ini banyak orang yang membuat rumah sesuai keinginan dan kebutuhannya. Sepeti apa saja ruangan yang dibutuhkan, tata letak ruang atau barangnya, serta hal-hal lain yang bisa diatur sendiri atau dengan diskusi bersama tim, dirasa lebih puas karena merupakan rancangan atau ide sendiri.

 

Pembangunan Menyesuaikan Budget

Kalau budget yang Anda miliki belum cukup untuk membeli rumah, Anda bisa membeli tanahnya terlebih dahulu untuk rumah yang akan dibangun nantinya. Membangunnya pun bisa dicicil menyesuaikan ketersediaan dana yang ada. Tapi tentu, ini butuh waktu, kalau memang tidak terburu-buru, membangun rumah sendiri dari awal bisa menjadi pilihan yang pas. Berbeda dengan membeli rumah, Anda harus memiliki budget pasti dengan rumah yang sudah Anda pilih, membangun rumah bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki. Rumah minimalis ataupun rumah mewah, semua tergantung dari adanya dana yang Anda miliki. Tapi tidak perlu khawatir, jika dana Anda belum cukup untuk membuat yang sesuai dengan keinginan, Anda bisa meng-upgrade-nya sedikit demi sedikit untuk bisa menjadi rumah yang anda inginkan.

 

Kekurangan Beli Rumah

Setiap keputusan pasti ada kekurangannya, sama seperti beli rumah yang sudah jadi. Beberapa kekurangan yang sering ditemui dalam kasus membeli rumah adalah harganya yang bisa lebih mahal jika membelinya dari developer, karena mereka mengambil keuntungan yang cukup untuk menutup bunga pinjaman pada bank. Jika rumah dibeli secara kredit atau KPR, maka Anda perlu membayar cicilan pokok ditambah bunga setiap bulan. Dan kalau dihitung-hitung sampai pembayaran lunas, maka total bunga yang dibayarkan sangatlah besar sekalipun persentasenya sebesar 0,5%. 

kekurangan lainnya adalah adanya kemungkinan kualitas bangunan yang kurang baik karena kurangnya perencanaan yang baik ketika membangun rumah tersebut. Sesuai namanya membeli rumah, artinya Anda tinggal membayar, terima kunci, dan bisa langsung menempati rumah tersebut. Selain itu, luas lahan yang relatif terbatas juga menjadi masalah ketika Anda ingin mengembangkan rumah di kemudian hari.

 

Kekurangan Bangun Rumah

Membangun rumah pun jelas memiliki kekurangannya. Pertama, Anda harus meluangkan waktu untuk mengurus pembelian tanah yang terkadang tidak mudah. Untuk menyulap lahan kosong menjadi sebuah hunian yang Anda impikan, Anda perlu menyiapkan modal yang bisa dibilang cukup besar, karena biaya pembangunannya sendiri bisa lebih mahal. Belum lagi ditambah biaya beli perabotan, bayar jasa arsitek dan desain interior, upah tukang, yang totalnya bisa mencapai ratusan juta, bahkan milyaran.

Anda juga harus memastikan aspek legalitas yang tidak mudah dan murah. ketika tanah sudah didapatkan, Anda harus meluangkan waktu dan pikiran untuk mengawasi tahap pembangunan. 

Dari segi praktisi, sudah pasti jauh dari kata praktis. Mulai dari merancang konsep rumah yang Anda inginkan, mencari tukang dan arsitek, hingga mengurus surat dan dokumen untuk keabsahan kepemilikan rumah, Anda sendirilah yang akan mengurusnya. Hal ini akan menguras waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit.

Kepemilikan rumah memang tidak bisa sembarangan, mengingat rumah ini akan menjadi hunian yang akan Anda tempati dalam waktu lama. Untuk itu, rumah haruslah nyaman dan aman sesuai keinginan. Namun, jangan sampai memiliki rumah justru menambah beban Anda.  Beberapa poin di atas bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mendapatkan hunian impian.

 

Sumber  : koinworks.com, cermati.com, hipwee.com

Share